PENGUATAN KOMITMEN KEBANGSAAN MELALUI PENINGKATAN KESADARAN BELA NEGARA

By Kesbangpol 18 Jul 2019, 14:14:24 WIB Kedinasan
PENGUATAN KOMITMEN KEBANGSAAN MELALUI PENINGKATAN KESADARAN BELA NEGARA

Bakesbangpol Banyuwangi melaksanakan kegiatan penguatan komitmen kebangsaan melalui peningkatan kesadaran bela negara di Kantor Kelurahan Kalipuro dengan melibatkan unsur masyarakat yang sebagian besar dari pemuda/pemudi. (Rabu, 17 Juli 2019)

Acara dibuka oleh Sekretaris Bakesbangpol, Ir. Nyoman Widiratyasa, M.Si. dalam sambutannya beliau  menjelaskan bahwa keberadaan suatu bangsa dalam bingkai negara pada dasarnya dilandasi oleh 3 (tiga) hal mendasar yaitu: ”kesadaran”, ”semangat” dan ”tekad” yang kuat. Untuk menghadapi berbagai ancaman dan tantangan globalisasi, diperlukan wawasan kebangsaan dalam memperkuat semangat nasionalisme melalui pendidikan Bela Negara. pungkasnya".

Sebagai pembicara Kasdim 0825 Banyuwangi, Mayor Inf Herawady Karnawan bahwa bela negara adalah tekad, sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai  kecintaan pada NKRI yang berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

Herawady juga menyampaikan bahwa "kita jangan pernah melupakan perjuangan para pejuang kita, mereka tidak menikmati hasil perjuangan  namun mereka rela berkorban demi negara dan bangsa". tuturnya.

Sebelum acara ditutup  Ir. Nyoman Widiratyasa, M.Si. memberikan kuis seputar Ideologi Pancasila, Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara. Peserta saling berebut untuk menjawab kuis. Dari hasil kuis tersebut menunjukkan bahwa capaian sangat baik karena materi yang disampaikan oleh pemateri dipahami dengan baik oleh peserta kegiatan tersebut.

Kegiatan dilanjut dengan latihan baris berbaris (PBB) yang dilaksanakan dilapangan Kelurahan Kalipuro. Walaupun dibawa terik matahari namun peserta tidak ada satupun yang mengeluh kepanasan, sakit dan sebagainya. Mereka sangat semangat mengikuti latihan baris berbaris  yang dipandu oleh Kodim 0825. Output dari setelah mengikuti kegiatan ini adalah adanya perubahan sikap mental peserta mjd lebih peduli sesama, lebih  bijak, lebih disiplin dan  taat kepada aturan,  saling  menghargai sesama, bisa menerima kekalahan, dan lain sebagainya.




View all comments

Write a comment