Penguatan dan Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama Melalui Moderasi Beragama (Forum Lintas Agama)

By Kesbangpol 24 Des 2021, 15:00:27 WIB Kedinasan
Penguatan dan Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama Melalui Moderasi Beragama (Forum Lintas Agama)

Banyuwangi, 16 Desember 2021 bertempat di Aula SMK 17 Agustus 1945 Cluring. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Banyuwangi menyelenggarakan kegiatan Fasilitasi Forum Lintas Agama yang mengangkat tema "Penguatan dan Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama Melalui Moderasi Beragama" yang dihadiri oleh seluruh perwakilan Lintas Agama se-Kabupaten Banyuwangi.

Dalam sambutan Plt. Bakesbangpol Kabupaten Banyuwangi (Bpk. Muhamad Lutfi, S.Sos.,M.Si) berpesan pentingnya menjaga toleransi dan kerukunan Intra dan Antar Umat Beragama sebagai modal terwujudnya Kondusifitas wilayah yang ada di Kabupaten Banyuwangi dari tingkat Konflik SARA guna mendukung dan mewujudkan Program Pemerintah Kabupaten Banyuwangi ke arah yang lebih baik.

Moderasi beragama adalah sebuah jalan tengah dalam keberagaman agama di Indonesia. Ia adalah warisan budaya Nusantara yang berjalan seiring, dan tidak saling menegasikan antara agama dan kearifan lokal.

Oleh karena pentingnya keberagamaan yang moderat, maka menjadi penting juga bagi kita semua menyebarluaskan paham ini. Jangan biarkan Indonesia menjadi bumi yang penuh dengan permusuhan, kebencian, merasa paling benar sendiri, dan pertikaian. Kerukunan baik dalam umat beragama maupun antarumat beragama adalah modal dasar bangsa ini menjadi maju.

Esensi ini yang diinginkan oleh moderasi beragama karena sesungguhnya beragama secara moderat sudah menjadi karakteristik umat beragama di Indonesia dan lebih cocok untuk kontur masyarakat kita yang majemuk. Beragama secara moderat adalah model beragama yang telah lama dipraktikkan dan tetap diperlukan pada era sekarang.




Write a comment

Ada 192 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment